Ragam Cara Mengatasi Pori-Pori Besar

Posted on Leave a commentPosted in Kecantikan Kulit

Pori-pori wajah yang terlihat seperti kulit jeruk sebaiknya jangan disepelekan. Masalah kecantikan yang dipicu lantaran produk kecantikan yang tak cocok, paparan sinar matahari, serta produksi minyak berlebih ini membuat Anda lebih beresiko terserang jerawat. Lebih dari itu, makeup yang digunakan terlihat kasar akibat pori-pori besar. Lantas, apa tindakan yang tepat untuk mengatasi pori-pori besar? Berikut ragam cara yang patut dipertimbangkan:

Mengaplikasikan es batu

Biasanya es batu dipergunakan untuk membuat minuman terasa lebih segar di tenggorokan. Sebetulnya, es batu bisa dimanfaatkan untuk mengatasi pori-pori wajah besar. Caranya adalah dengan memasukkan beberapa bongkah es batu ke dalam plastik atau kain katun. Kemudian, kompreskan es batu pada wajah. Sensasi dingin yang ditawarkan es batu ini akan membuat pori-pori wajah menciut. Di samping itu, Anda juga bisa menggunakan es batu sebagai primer sebelum bermakeup atau menangani mata bengkak.

Memakai masker alamiah

Penggunaan masker juga bisa dilakukan guna menangani masalah pori-pori seperti kulit jeruk. Tidak perlu ke salon kecantikan, Anda bisa melakukannya secara mandiri di rumah untuk menghemat biaya. Berikut ini beberapa bahan alami yang bisa dipergunakan:

  • Tomat. Buah sekaligus sayur ini juga bisa dijadikan masker untuk mengatasi pori-pori besar. Caranya adalah dengan menghaluskan tomat, kemudian balurkan ke seluruh wajah. Diamkan selama 15 menit baru dibilas dengan air hangat kemudian penutupnya air dingin.
  • Putih telur. Selain tomat, bahan alami lainnya yang bisa dijadikan masker untuk mengecilkan pori-pori adalah putih telur. Setelah memisahkan putih telur dari kuningnya, kocok lepas. Selanjutnya balurkan ke seluruh wajah. Disarankan menggunakan kuas agar lebih merata. Diamkan hingga mengering baru dibilas dengan air dingin dilanjutkan dengan air dingin. Masker putih telur juga berkhasiat untuk menurunkan produksi minyak berlebih pada wajah.

Bahan alami yang bisa diaplikasikan adalah madu dan timun. Penting! Apa pun masker yang dipakai, alangkah baiknya untuk memastikan kebersihan wajah sebelum menggunakannya. Di samping itu, Anda juga harus disiplin & konsisten dalam menggunakan masker. Sebagaimana diketahui kalau penggunakan masker dengan bahan alami memang lebih aman, tapi hasilnya tidak bisa langsung terlihat. Butuh waktu berminggu-minggu untuk bisa melihat hasilnya. So, intinya Anda harus sabar.

Melakukan eksfoliasi

Eksfoliasi menjadi cara lain untuk mengatasi masalah kecantikan wajah yang satu ini. Kalau ingin melakukan pengelupasan di klinik kecantikan, pastikan klinik kecantikan yang dipilih benar-benar terpercaya dilihat dari tahun berdirinya yang relatif lama, ditangani langsung oleh dokter berpengalaman, sekaligus banyaknya mantan pasien yang mengaku puas. Jika ingin melakukannya sendiri di rumah, pastikan produk yang dipilih memiliki izin BPOM & tidak kadaluarsa.

Terlepas dari apa pun pilihannya, Anda harus pastikan bahwa wajah tidak sedang berjerawat saat hendak melakukan eksfoliasi. Sebab, pengelupasan kulit saat kondisi wajah demikian akan memicu iritasi kulit. Lebih dari itu, jerawat akan makin meradang. Walhasil, suatu saat ketika jerawat sembuh tidak tertutup kemungkinan akan memicu bekas luka atau bopeng pada wajah sehingga membuat tampilan wajah buruk. Sebaiknya, tangani dahulu jerawat sebelum lakukan pengelupasan untuk mengecilkan pori-pori wajah.

Semoga informasi di atas dapat membuat wajah halus sehingga mengembalikan rasa percaya diri Anda. Namun, alangkah baiknya jika pori-pori wajah besar bisa dicegah dengan rajin membersihkan wajah terutama setelah menggunakan makeup, pakai tabir surya, & lebih selektif dalam memilih produk kecantikan wajah.