Seputar Penyakit Diabetes Melitus

Posted on Posted in Kesehatan

Diabetes termasuk salah satu penyakit yang cukup mengkhawatirkan, terutama bila sudah parah kemungkinan besar membuat penderitanya tidak dapat melakukan aktivitas seperti biasa bahkan beresiko mematikan. Contohnya untuk bangun dari tempat tidur, penderita mesti dituntun. Penyakit diabetes terbagi dalam dua kelompok yakni tipe 1 dan 2. Diabetes tipe 1 biasanya menyerang pada usia anak-anak, remaja dan di bawah 40 tahun. Berat badan penderita biasanya kurus, sedangkan kadar insulin darah rata-rata rendah atau bahkan tidak ada. Sementara penderita untuk diabetes tipe kedua adalah orang tua yakni di atas usia 40 tahun, memiliki berat badan berlebih tapi juga bisa normal dan mempunyai kadar insulin relarif tinggi namun terkadang normal. Lebih lengkap, berikut gejala, pencegahan, komplikasi, dan pengobatan mengenai diabetes:

Gejala

Banyak orang mengabaikan setiap gejala yang dikeluhkannya. Seperti halnya sering sakit pinggang, bisa jadi merupakan tanda dari penyakit ginjal. Jika dibiarkan, tentu akibatnya bisa fatal. Begitu pula dengan diabetes yang harus segera ditangani. Adapun gejala yang dirasakan adalah lebih sering buang air kecil terutama di malam hari, haus dan kelelahan mesti tak melakukan aktivitas berat, berkurangnya masa otot, turunnya berat badan (untuk diabetes tipe 1), dan lain sebagainya. Jika Anda sering kali mengalami gejala tersebut, ada baiknya konsultasikan ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan dan dapat ditangani dengan segera.

Pencegahan

Ada banyak kebiasan buruk yang dapat memicu diabetes, antara lain terlalu sering mengkonsumsi minuman dengan pemanis buatan, makanan tinggi lemak, berminyak, dan kurangnya waktu tidur. Makanan dan minuman tersebut akan meningkatkan kadar gula darah sehingga lebih rentan terserang diabestes terutama tipe 2, sedangkan kurangnya waktu tidur hal ini mengakibatkan tubuh tidak dapat memproduksi glukosa secara normal atau bahkan menurun sehingga memiliki resiko diabetes tipe 1. Untuk meminimalisir serangan diabetes baik 1 maupun 2, upayakan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan berserat, memperoleh waktu tidur yang cukup, melakukan olahraga teratur, dan menghindari makanan & minuman yang mengandung rasa manis tinggi.

Komplikasi

Penyakit diabetes bisa mengakibatkan masalah yang sangat serius, dua di antaranya adalah jantung dan stroke karena menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Hal ini kemungkinan besar bisa terjadi hingga 5 kali lebih kuat apabila kadar gula darah tidak seimbang dalam waktu yang berkelanjutan. Lebih dari itu, diabetes tipe 2 juga memicu gagal ginjal, di mana fungsi utama ginjal adalah menyaring racun di dalam tubuh, namun saat kadar gula darah berlebih ginjal harus bekerja dengan ekstra. Itulah bahaya diabetes, bersumber dari satu penyakit namun memicu masalah besar lainnya.

Pengobatan

Untuk mengatasi penyakit diabetes selain dapat menggunakan tanaman herbal juga secara medis. Memanfaatkan obat herbal pastinya lebih hemat dan ringan efek samping. Namun hal ini perlu dilakukan dengan cara yang tepat atau bila perlu konsultasikan ke dokter sebelum mengkonsumsinya. Pengobatan medis tentu saja lebih mahal apalagi kalau harus rawat inap, beli obat, dan biaya perawatan. Semua pengobatan baik untuk dilakukan asal dengan tenaga ahli yang berpengalaman dan dilakukan tindakan secara cepat & tepat.

Penyakit diabetes memang sangat fatal dampaknya. Dalam waktu yang berkepanjangan akan membuat seseorang terkujur dan berdaya. Bahkan, bisa mengancam nyawa seseorang bila lama diabaikan. Oleh sebab itu jangan biarkan penyakit tersebut terus mengintai, segera lakukan pencegahan untuk dapat menghindarinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *